9+ Khasiat dari Latihan Mengangkat Beban dengan Pull-up

Pull up merupakan olahraga yang bertujuan untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian atas, terutama otot bagian tangan dan punggung.

Berikut 9 manfaat dari latihan berolahraga mengangkat beban dengan bantuan metode pull-up, di antaranya sebagai berikut:

Manfaat

Pull up merupakan salah satu latihan kekuatan otot bagian atas yang praktis kita lakukan di rumah maupun kantor.

Anda dapat membuat melakukan olahraga satu ini sendiri ataupun dapat membelinya di toko peralatan olahraga.

Berikut adalah beberapa manfat pull-up yang dapat menarik perhatian oleh sebagian orang.

1. Menguatkan otot punggung

Manfaat pull-up yang paling utama adalah menguatkan otot punggung Anda.

Anda tidak perlu khawatir karena pull-bar menjangkau berbagai bagian otot belakang, seperti otot trapezius, otot antara bahu dan leher serta otot di sekitar tulang punggung.

2. Menambah kekuatan pegangan

Menambah kekuatan pegangan

Kekuatan dalam menggenggam atau memegang benda sangat penting dalam berolahraga, khususnya pada olahraga angkat beban.

Latihan pull up dapat membantu Anda untuk bisa melakukan olahraga lainnya yang membutuhkan kekuatan genggaman dengan lebih maksimal.

Selain membantu kita dalam berolahraga, latihan pull up juga dapat membantu aktivitas sehari-hari seperti mengangkat belanjaan dan membuka tutup kaleng.

3. Menguatkan otot lengan dan bahu

Tidak hanya membangun otot punggung, latihan olahraga yang mudah ini dapat membantu memgembangkan otot lengan dan bahu juga dilatih kekuataannya melalui bantuan latihan pull-up.

4. Melatih persendian

Jangan salah, manfaat pull-up tidak hanya sekedar pada meningkatkan kekuatan otot, tetapi juga latihan ini membantu melatih persendian.

Jadi, Anda tidak hanya menggerakan berbagai macam otot saat melakukan pull-up, tetapi juga persendian di dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan tubuh

Saat menjalani latihan kekuatan, seperti pull-up, dapat membantu mengurangi lemak di perut dan serta mengatur kadar gula darah untuk penderita diabetes tipe 2.

Latihan pull up juga dipercaya dapat mengurangi nyeri punggung akibat fibromialgia dan artritis.

6. Meningkatkan kekuatan tubuh dan stamina

Manfaat pull up lainnya adalah dapat membantu dalam meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh.

Saat melakukan latihan ini, Anda harus mengangkat keseluruhan berat tubuh yang sudah pasti dapat meningkatkan kekuatan.

Latihan kekuatan ini sangat berperan dalam perkembangan tulang yang kuat dan sistem kardiovaskular yang sehat.

7. Baik untuk kesehatan mental

Baik untuk kesehatan mental

Selain baik untuk kesehatan fisik, pull up juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Latihan kekuatan dapat membantu mengurangi kelelahan, gejala depresi dan kecemasan.

Selain itu, latihan kekuatan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan self-esteem atau keberhargaan diri.

Namun, masih dibutuhkan riset lebih lanjut mengenai manfaat pull up terhadap kesehatan mental.

8. Meningkatkan Mood

Meningkatkan Mood

Percaya tidak percaya, pull up membuat mood-mu menjadi lebih stabil bahkan mungkin lebih bahagia.

Sebenarnya tidak cuma pull-up, tetapi juga olahraga yang lainnya.

Melatih tubuh dengan latihan pull up membuat otak kita memproduksi lebih banyak hormon bernama serotonin dan ternyata hormon ini mempengaruhi perasaanmu.

9. Meningkatkan kemampuan paru-paru

Karena membutuhkan energi banyak, secara otomatis kamu juga membutuhkan udara di paru-paru lebih banyak.

Hal ini bisa digunakan untuk melatih paru-parumu.

Semakin sering kamu melakukan pull-up, maka semakin kuat pula paru-paru yang kamu miliki dan semakin tinggi pula stamina yang terbangun.

10. Menjaga berat badan ideal

Melakukan latihan kekuatan, seperti pull up.

Ternyata juga dapat menurunkan berat badan berlebih bila dijalani dengan baik dan benar serta jadwal yang teratur (minimal 3x dan maksimal 4 kali).

Olahraga ini memang tidak membakar banyak kalori,

Tetapi, ia akan meningkatkan metabolisme.

Dan memperpanjang proses pembakaran kalori bahkan hingga setelah latihan selesai.

Dengan begitu, berat badan ideal bisa terjaga dan Anda terhindar dari risiko obesitas.

Tips melakukan pull-up yang benar

Anda tidak akan bisa dapatkan khasiat dari pull-up.

Jika kita melakukan gerakannya yang salah.

Alih-alih melatih kekuatan otot, Anda malah bisa mengalami cedera.

Hal penting yang perlu dilakukan sebelum memulai latihan pull-up adalah memastikan bahwa pull bar tidak ketinggian dan dapat diraih oleh Anda serta tidak terlalu pendek sampai membuat kaki tetap menapak di lantai saat sedang bergelantungan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan gerakan pull-up yang benar.

  1. Berdiri dengan kaki selebar bahu di bawah pull-bar
  2. Loncat dan pegang pull bar dengan telapak tangan menghadap keluar
  3. Rentangkan tangan sehingga Anda bergelantungan di pull bar dan tekuk lutut serta silangkan pergelangan kaki untuk menyeimbangkan tubuh
  4. Tarik napas dan hembuskan ketika Anda mengangkat diri Anda ke atas sampai dagu Anda serata dengan pull bar
  5. Pertahankan posisi tersebut selama beberapa saat sebelum menurunkan diri Anda dari pull bar sambil menghembuskan napas. Turunkan diri Anda sampai sikut Anda lurus ke bawah
  6. Ulangi gerakan tersebut tanpa menyentuh lantai sesuai dengan banyaknya repetisi yang diinginkan

Saat melakukan gerakan pull-up, jangan mengangkat atau menurunkan badan terlalu cepat dan pastikan Anda tidak menggenggam pull bar terlalu lebar dan membiarkan sikut menjauhi badan.

Gerakan ini dilakukan dengan otot lengan, bahu, dan punggung, karenanya jangan menggunakan momentum dari tubuh bagian bawah untuk bisa naik ke atas.

Tarik tubuh ke atas menggunakan otot lengan, punggung, dan bahu Anda.

Pengertian

Berikut adalah beberapa teori tentang pull up dari para ahli di antaranya sebagai berikut:

Menurut Para Ahli

Beragam teori mengenai latihan mengangkat beban, yakni pull up.

Di antaranya sebagai berikut:

1. Suherman(2005:12)

Tradisional pull-up bergantung pada kekuatan tubuh bagian atas tanpa berayun.

Target latihan murculus latisimus dorsi terutama otot di bagian lengan.

Pull up yang mana tujuannya untuk melatih kekuatan otot lengan.

2. Ibrahim(2005:85)

Pullup merupakan salah satu bentuk latihan yang dapat menguatkan otot lengan.

Sehingga dapat bermanfaat pada olahraga yang membutuhkan otot lengan.

3. Wikipedia

Diakses pada 23 agustus 2018 pukul 16.27:

Pull up merupakan gerakan yang dilakukan dengan bergantung pada sebuah palang besi.

Dan, kemudian menarik tubuh sampai dagu bisa sejajar atau lebih sedikit dengan palang.

4. KBBI

Di akses pada 23 agustus 2018 pukul 16.30:

Pull up adalah sebuah gerakan yang menarik tubuh kita dari posisi menggantung sempurna pada sebuah benda (besi, pohon, dll) hingga tubuh terangkat.

Kesimpulan

Dari beberapa teori diatas.

Dapat disimpulkan bahwa:

Pull up adalah suatu gerakan yang dilakukan dengan cara bergantung.

Lalu, mengangkat tubuh naik turun hingga dagu sejajar dengan besi atau palang pegangan.

Kesimpulan

Manfaat olahraga pull up sangat beragam bagi kesehatan, mulai dari melatih kekuatan otot sampai meningkatkan kesehatan mental.

Apabila Anda baru pertama kali melakukan pull-up, pastikan gerakan yang dilakukan sudah benar dan secara perlahan naikkan badan Anda.

Jika tubuh terasa nyeri setelah melakukan pull-up, istirahatkan badan selama beberapa hari sebelum memulai latihan pull-up kembali.

Lakukanlah olahraga pull-up setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menjalani latihan pull-up bila Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Sumber dan referensi: