4 Cara Latihan Bola Gym Terbaik

Selain memberi variasi baru saat latihan, Gym Ball dapat pula melatih kekuatan, ketahanan, fleksibilitas, serta keseimbangan badan.

Apa Itu Ball Gym? 

Gym ball adalah bola-bola alat bantu fitness yang umum ditemui di pusat-pusat latihan kebugaran.

Penggunaannya sangat fleksibel.

Bisa sambil: berdiri, jongkok, duduk, tengkurap, maupun telentang.

Fokus latihannya ada pada bagian-bagian tubuh seperti:

  • Pantat,
  • Paha,
  • Punggung belakang,
  • Otot perut,
  • Bahu,
  • Dada.

Jenis-jenis Latihan Gym Ball

Bola gym atau bola fitness merupakan alat olahraga yang paling banyak disukai oleh kalangan wanita.

Olahraga jenis ini dapat membuat tubuh Anda langsing, otot perut kencang dan memberikan kebugaran setelah selesai berolahraga.

Bola gym dibentuk menyerupai bola pada umumnya, memiliki bentuk besar dan kuat menahan hingga 120 Kg.

Olahraga dengan bola Gym sangat menghibur, menantang dan tidak membosankan.

Wanita hanya berbaring dengan cara menempelkan kaki di atas bola gym dan dilanjutkan menahan dengan kedua tangannya.

1.) Ball Crunch

Stability-ball-Crunch
Ball Crunch

Langkah:

  • 1. Berbaringlah pada bola fitness, angkatlah kedua tangan diatas kepala dan kaki sebagai penyeimbang.
  • 2. Setelah semua siap, silahkan tekuk perut Anda kedepan.

2.) Swiss-ball Jack Knife

Merupakan latihan dimana kaki sebagai penyeimbang dan tangan sebagai tumpuan. Berguna melatih otot tangan dan membakar lemak.

Swiss-ball-Jackknife
Swiss-ball Jack Knife

Langkah:

  1. Ambil posisi push up
  2. Kedua kaki bertumpu pada swiss ball atau bola fitness
  3. Angkat badan dengan menggunakan tangan
  4. Tariklah kedua kaki, agar bola masuk ke dalam
  5. Kembalilah seperti semula dan lakukan 10 repetisi

3.) Ball Ab Rollout

SB-Rollout-ALL
Ball Ab Rollout

Merupakan latihan untuk mengulirkan perut mengikuti irama bola, bermanfaat untuk mengencangkan perut.

Langkah :

  1. Duduklah dengan kaki ditekuk
  2. Kedua tangan menggenggam dan menyentuh ball gym
  3. Usahakan badan rileks terlebih dahulu dan lemas
  4. Gulirkan bola ke depan, dan badan mengikuti alur bola.
  5. Rasakan kontraksi otot dan ulangi ke posisi awal
  6. Ulangi 10 repetisi

4.) Side Crunch

Merupakan latihan optimal dalam membentuk kekuatan otot, membakar perut yang gembrot dan membakar lemak.

Langkah :

  1. Berbaring miring ke bola fitnes,
  2. Tangan menengadah di samping telinga,
  3. Kaki kanan berada di depan (sesuaikan dengan gambar diatas)
  4. Angkat tubuh menggunakan kekuatan otot perut dan jangan menggunakan otot kaki.
  5. Lakukan hingga 10 repitisi untuk masing – masing sisi (sisi kanan dan sisi kiri)

Tinggalkan komentar